-->

12 Manfaat daun bawang untuk kesehatan

Daun Bawang.

apa manfaat daun bawang untuk kesehatan kita
daun bawang
Daun bawang yang memiliki latin Allium fistulosum adalah salah satu bumbu masak yang hampir selalu ada di setiap masakan khas Indonesia. Mulai dari telur dadar, gorengan, martabak telor, hingga sop. Kadang juga digunakan sebagai bumbu tabur seperti pada soto. Namun, manfaat daun bawang tidak hanya sebatas untuk masakan tapi juga untuk kesehatan dan kecantikan.
Seperti bawang merah dan bawang putih, daun bawang juga memiliki aroma yang khas. Aroma yang menggugah selera makan. Dan di balik aromanya yang khas itu, tersimpan manfaat yang besar bagi kesehatan. Daun bawang baik untuk kesehatan jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, daun bawang juga baik untuk penderita diabetes, mengatasi anemia, antibakteri dan kaya akan antioksidan
Berikut beberapa manfaat daun bawang sebagai berikut:

1. Mencerahkan dan meremajakan kulit.
Caranya:
Potong daun bawang ditumpuk halus lalu sapukan pada wajah.
Diamkan selama 20 minit. Kemudian dicuci bersih.
Hasiatnya mampu mencegah pigmentasi kulit serta mengangkat sel-sel kulit mati sehingga selalu tampak lebih muda.
Dapat membunuh bacteria penyebab jerawat.
Mencegah penuaan.
2. Manfaat daun bawang untuk rambut.
Caranya:
Ambil Segenggam daun bawang kemundian potong kecil-kecil.
Direbus dengan satu gelas air selama 30 minit .
Angkat daun bawang dan celupkan dalam ais selama dua minit.
Masukkan dalam blender dan tambahkan setengah cawan minyak zaitun lalu blender hingga halus.
Ramuan tersebut di sapukan secara merata pada rambut dan kulit kepala biarkan selama 30 minit sambil dibungkus.
Bersihkan rambut dan kulit kepala.
Masker daun bawang ini sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut yang rosak kering dan bercabang.
3. Menjaga kesehatan mata
Mata adalah salah satu anggota tubuh yang menjadi panca indera yang sangat penting. Maka kita harus menjaga kesehatannya. Bukan hanya wortel, apel dan tomat yang bagus untuk kesehatan mata, bawang daun juga. Dalam satu batang bwang daun terdapat kandungan pro-vitamin A sebanyak 24 µg. Jumlah tersebut sudah mencukupi 2,6 % dari asupan harian yang dibutuhkan pria dan 3,4 % yang dibutuhkan wanita.
4. Baik untuk wanita hamil
Bawang daun memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat ini sangat dibutuhkan oleh wanita hamil untuk mengoptimalkan perkembangan janin dan meningkatkan kecerdasan otak. Wanita hamil yang kekurangan folat akan rentan keguguran dan mengalami kelelahan.
5. Menjaga kesehatan tulang
Tulang merupakan bagian penting yang membentuk tujbuh manusia. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatannya agar dapat bergerak bebas dan leluasa. Selain kalsium, daun bawang juga mengandung vitamin C dan K yang baik untuk tulang.
6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Daun bawang mengandung antioksidan yang tinggi quercetin dan kemferfol. Kedua zat ini baik untuk kulit dan dapat meningkatkan imunitas tubuh secara keseluruhan. Karena itu sangat baik untuk melawan penyakit seperti pilek, demam, dan flu. Selain itu juga terdapat anti-bakteri, anti-jamur dan anti-virus yang membantu tubuh melawan bakteri sehingga terhindar dari infeksi.
7. Menyehatkan pencernaan
Kesehatan pencernaan merupakan sesuatu yang penting untuk dijaga. Karena di sanalah awal mula proses penyerapan zat-zat gizi yang ada dalam makanan. Daun bawang dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan karena kandungan seratnya cukup tinggi. Selain itu dapat juga mengatasi masalah seperti sembelit atau susah buang air besar.
8. Kaya mineral, rendah kalori
Bumbu masakan yang satu ini kaya akan kandungan mineral, terutama zat besi dan kalium. Zat besi sangat diperlukan dalam pembentukan sel darah merah. Sangat bagus dikonsumsi oleh penderita anemia. Sedangkan kalium bermanfaat untuk mengatur kadar cairan tubuh, menjaga fungsi jantung, dan mencegah kram pada otot. Seperti jenis sayuran lainnya, daun bawang ini juga rendah kalori.
9.Menyehatkan jantung
Sayuran ini baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Ini berkat senyawa cycloalliin yang terkandung di dalamnya. Senyawa ini berfungsi untuk mengencerkan darah sehingga mencegah penggumpalan. Juga mengurangi resiko terkena penyakit aterosklerosis.
10.Mencegah diabetes
Daun bawang ini juga bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes. Hal ini berkat kandungan phyto-kimia yang ada di dalamnya, yaitu allium dan alil disulfida. Kedua zat ini mencegah degradasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa.
11.Mengobati cacingan
Anak yang terkena cacingan biasanya cenderung kurus dan kurang aktif. Untuk mengobatinya bisa menggunakan daun bawang. Caranya, beri saja makanan yang mengandung daun bawang. Namun akan lebih bagus jika diberi sop yang mengandung daun bawang karena senyawa di dalamnya masih utuh daripada masakan yang cara memasaknya digoreng.
12.Meningkatkan kualitas tidur
Kualitas tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Mendapatkan tidur yang berkualitas berarti mendapatkan kembali kebugaran tubuh yang telah digunakan untuk beraktifitas seharian. Mengkonsumsi daun bawang dapat memperbaiki kualitas tidur, mencegah depresi dan mengendalikan homosistein.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "12 Manfaat daun bawang untuk kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel